Penginderaan Jauh saat ini menjadi ranah yang cukup menarik perhatian, terutama dengan tema penginderaan jauh perkotaan, menurut saya adalah tema yang sangat menarik dari segi keilmuwan terkait pelestarian lingkungan. Jepang, merupakan salah satu negara yang terkenal dikarenakan beberapa satelit yang telah diluncurkannya, yang hasil tangkapannya cukup populer dimanfaatkan oleh peneliti di tanah air, terutama ranah remote sensing. CeRES (Center of Environemntal Remote Sensing) di Universitas Chiba, merupakan pusat laboratory terbesar di Jepang yang memfokuskan pada bidang remote sensing. Saat ini CeRES tengah membuat satelit baru yang fokus pada RADAR sensor yang lebih dikenal, SAR. SAR sangat populer digunakan untuk memonitoring land subsidence di dunia, termasuk juga banyak paper yang mengkaji kejadian penurunan tanah di Indonesia.

Saya merasa beruntung mendapatkan kesempatan untuk program short stay pre double degree di CeRES, Chiba university. Disini, mahasiswa di pertemukan kepada sejumlah profesor yang menangani masing-masing bidang remote sensing di CeRES. Setidaknya Lab teridiri dari 5 Lab, Land Cover Mapping, Laser and Sensor, Microwave Image Processing, Hidrology, dll. Beberapa seminar, dan workshop internasional pun di adakan di Chiba, dan saya sangat menikmati acara short stay ini. Namun, dibalik itu semua yang terpenting menurut saya adalah mahasiswa bisa kontak langsung dengan profesor-profesor yang ada, termasuk juga untuk mencocokkan bidang yang kita minati.

Saya merasa terbantu sekali dengan dukungan BU untuk merealisasikan keinginan saya ke jepang, termasuk beberapa alasan diluar akademis. Dengan adanya BU, kita dapat memaksimalkan segala kesempatan yang ada. Terima kasih Beasiswa Unggulan.

Leave a Comment