Fitria Nuraini Sekarsih salah satu mahasiswa Magister Perencanaaan Pengelolaan Pesisir Dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS) fakultas geografi UGM bersama dengan Rayendra Anandika (alumni teknik 2005), Adhita Sri Prabakusuma (Alumni Pn 2005), Siska Aditya (alumni Pt 2006), Ibrahim At Tsauri (Tekim 2005), Aji N (Tekfis 2007) dan komutitasnya dalam Bright Idea Community (BIC), mendapatkan dukungan penuh dari United Nation melalui program UN-Habitat Urban Youth Fund 2011 dalam program Kampung Biogas Indonesia (KBI).

Kompetisi hibah tingkat dunia dengan menyisihkan lebih dari 6000 peserta dari seluruh dunia. BIC telah terpilih diantara 18 pemenang dari Asia Pasific, 19 dari Afrika, 6 dari jalur Zanzibar, dan 16 dari Amerika Latin. Sementara itu, hanya dua pemenang dari Indonesia salah satunya adalah BIC sendiri.

Program Kampung Biogas Indonesia (KBI) adalah program yang diinisiasi oleh BIC sejak tahun 2010 yang dimulai dengan mendapatkan apriasi sempurna di PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) 2010 di Universitas Mahasaraswati, Bali yang diadakan oleh DIKTI. Di kesempatan tersebut Kampung Biogas Indonesia mendapatkan penghargaan medali emas pada kategori Pemberdayaan Masyarakat. Belum lagi apresiasi menjanjikan dari Kemenristek RI yang memberikan dukungan pula dalam program Technopreneurship Pemuda 2011, selain pemberian dukungan atas keberlanjutan program BIC juga mendapatkan pelatihan gratis selama 2 minggu di Kompleks LIPI Serpong Jakarta dan mendapatkan pelatihan langsung dari mentor mentor handal Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC).

Kampung Biogas merupakan konsep menarik untuk mengoptimalkan proses penyebaran metode optimalisasi potensi biogas di Indonesia yang dikembangkan dari kondisi nyata masyarakat Indonesia terutama peternak dan dikolaborasikan dengan proses management dan koordinasi dengan masyarakat peternak agar mampu mewujudkan sebuah model social enterprise yang berkelanjutan dampaknya.

Untuk menyempurnakan pelaksanaan pembangunan Kampung Biogas ini, selanjutnya Fitri Nuraini Sekarsih, S.Si sebagai Project Coordinator KBI dalam UN-Habitat Urban Youth Fund akan mengikuti pelatihan khusus yang diselenggarakan oleh UN-Habitat untuk para Grantee di Kairo, Mesir pada akhir 26 Februari – 5 Maret ini. Dari program ini diharapkan pelaksanaan program Kampung Biogas ini akan berjalan dengan lancar dan sukses di tahun 2012 ini. Semakin banyaknya apresiasi program program Bright Idea Community ini diharapkan mampu merefleksikan etos kerja dan kebermanfaatan yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. BIC berusaha untuk memberikan kebermanfaat dengan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Beberapa bulan sebelumnya, Fitria juga mendapatkan anugerah kehormatan Piala Garuda Wisnu Kencana dari Kementrian Riset dan Teknologi Indonesia. apresiasi inovasi teknologi yang diberikan oleh BPPT pada 30 November 2011 yang lalu, dengan menyabet juara ke 2 Greennovation Award 2011 dari Menristek RI untuk program “Playen zero waste”. Program ini merupakan pengelolaan sampah organik menjadi vermikompos dengan bantuan cacing tanah. Tim yang juga digawangi oleh Adhita Sri Prabakusuma, Artina Prastiwi, dan Ambar Rosiana ini juga mendapatkan apresiasi dari Prof. Drs. Komarudin, MA (Guru Besar Peneliti Ilmu Ekonomi dari BPPT), Ir. Arwanto, M.Sc, dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Bupati Gunungkidul Hj.

Fitria yang merupakan Mahasiswa Doble Degree antara MPPDAS UGM dengan ITC Belanda berkan beasiswa Unggulan Diknas. Selain sibuk sebagai mahasiswa S2, dia juga seorang wirausaha. Terbukti dia dan tim berhasil masuk Finalis Mandiri Young Technopreuner Award di Jakarta 16-23 Januari 2012 lalu. Direncanakan bulan Maret ini Fitria akan segera ujian thesis untuk meraih gelar masternya di dua tempat.
Berikut ini adalah daftar pemenang hibah UN-Habitat Urban Youth Fund 2011 http://www.unhabitat.org/content.asp?cid=10160&catid=5&typeid=6&subMenuId=0&AllContent=1
Berikut ini adalah kompetisi yang sama untuk 2012
http://www.unhabitatyouthfund.org/
Link Youtube terkait
Kampong biogas Indonesia

Leave a Comment