“Berikan aku sepuluh pemuda ,Maka akan aku goncangkan dunia”
(Ir.Soekarno)

Pernyataan Presiden RI pertama ini nampaknya sangat nyata Sabtu, 7 April 2012 yang lalu dalam acara Seminar ““Leader Forum and Awarding Ceremony of Beasiswa Unggulan for Master Program”. Acara ini diselenggarakan oleh Magister Perencanaan dan Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS) Fakultas Geografi UGM bekerja sama dengan Beasiswa Unggulan-Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (BU-BPKLN KEMENDIKBUD). Berkumpul di Gedung University Club, hampir 300 pemuda yang telah mendapatkan beasiswa S2, S3 serta penelitian dan pertukaran ke berbagai negara saling bertukar informasi dan pengalaman. Dalam acara tersebut juga hadir peserta mahasiswa yang berkeinginan kuat untuk melanjutkan studi di berbagai disiplin ilmu.
Koodinator beasiswa unggulan BPKLN, Dr.Abe Susanto M.Si memberikan pengantar tentang kebutuhan Indonesia akan sumberdaya manusia yang unggul untuk menyongsong Indonesia tahun 2045. Di tahun-tahun inilah Indonesia akan menjadi negara maju yang berperan penting dalam percaturan dunia. Oleh sebab itu ditekankan sekali lagi kebutuhan mendesak untuk mencetak pemuda Indonesia yang unggul untuk memimpin bangsa di tahun-tahun ke depan.

Pada sesi selanjutnya, budayawan Sujiwo Tedjo memberikan refleksi tentang pendidikan dan pemuda unggul di Indonesia. Sujiwo menyatakan bahwa pendidikan sekarang harus terus menerus mengamati apa yang ada di lingkungan, merumuskan solusi dan mengajarkannya kembali. hal ini yang akan menjamin bahwa ilmu pengetahuan selalu berkembang dan menyediakan solusi bagi permasalahan manusia di masa depan. Sujiwo juga mengingatkan pemuda untuk meluaskan cinta yang diwujudkan dalam usaha menyayangi sesama, lingkungan serta seluruh makhluk. Pemuda juga harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi agar dapat menyerap teknologi terbaru tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Sujiwo menambahkan, bila hal ini dilakukan maka Indonesia maju tahun 2045 akan terwujud lebih cepat.


Acara yang ditutup dengan penganugerahan penghargaan bagi Pemuda Berprestasi semakin memberikan semangat bagi para pemuda yang hadir pada acara tersebut. Semangat ini perlu dijaga, dan para pemuda perlu dibimbing. Kesempatan studi S2,dan S3 bagi mahasiswa telah difasilitasi secara luas oleh Sekjend Dikti, hal ini dapat dimanfaatkan oleh para pemuda. Sehingga tampaknya Indonesia Maju tahun 2045 akan semakin dekat waktunya.

Berikut disajikan beberapa dokumentasi suasana acara Seminar yang telah berlangsung cukup sukses tersebut:

Minggu, 8 April 2012
Moment Keakraban Civitas Akademika MPPDAS
Kegiatan outbound yang diadakan oleh Magister Perencanaan dan Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS), Fakultas Geografi, UGM merupakan serangkaian acara Seminar “Leader Forum and Awarding Ceremony of Beasiswa Unggulan for Master Program”. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari pada hari Minggu, 8 April 2012 yang berlokasi di daerah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut sebagai moment keakraban bagi seluruh civitas akademika MPPDAS yang diikuti oleh para mahasiswa, pendidik, dan staf MPPDAS. Melalui fun games, paint balls, flying fox, dan permainan lainnya, kegiatan-kegiatan tersebut menstimulasi kerjasama team dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan para peserta outbound yang sejalan dengan tujuan utama dari serangkaian acara ini.

Leave a Comment