Pembangunan kemaritiman merupakan bagian dari Nawa Cita pemerintahan Jokowi. Salah satu aspek kemaritiman yang perlu mendapatkan perhatian adalah aspek laut dan pesisir. Pengelolaan pesisir, termasuk didalamnya adalah pengelolaan aspek proses-proses fisik, potensi sumberdaya, regulasi, sosial budaya, keteknikan, penduduk dan lain sebagainya perlu terus ditingkatkan untuk mendukung pengelolaan pesisir yang berkelanjutan.

Pengelolaan pesisir dalam lingkup yang luas memerlukan sinergitas pengelolaan dengan lingkungan-lingkungan disekitarnya. Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan salah satu lingkungan yang memberikan pengaruh terhadap keberlanjutan pengelolaan pesisir. Kepadu-padanan pengelolaan pesisir dan DAS dapat meliputi aspek fisik lingkungan, regulasi, tata ruang dan pemanfaatan ruang dan sumberdaya.

Program Magister Perencanaan Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS), yang merupakan salah satu minat dari Program Studi S2 Geografi Fak. Geografi UGM, memfokuskan program pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat terkait dengan aspek kepesisiran dan DAS. Pada tahun 2017, Program MPPDAS menyelenggarakan Seminar Nasional ke-3 Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai.

Info lebih lanjut silahkan kunjungi semnas-mppdas.com